Rabu, 11 April 2012

Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga

Tak sedikit surat pembaca yang datang ke meja redaksi minta informasi lagi Suzuki Ertiga. Mulai ulasan profil Ertiga secara lengkap sampai perbandingan dengan pesaingnya; All New Daihatsu Xenia, All New Toyota Avanza dan New Nissan Grand Livina.

Beruntung mendapat kesempatan untuk menjajal dan mengulik secara detail sosok MPV yang sudah buka inden ini. “Sampai sekarang sudah hampir 3.000 yang inden,” jelas Joko Utomo, GM Marketing Brand II 4W PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), APM mobil Suzuki saat dikontak hari Senin lalu (2/4). Yuk kita sapa!

Mesin ada di tengah-tengah Grand Livina dan ANA/ANEX, Kapasitas barang bisa bertambah
 Mobil yang sejatinya telah dijumpai pada acara Delhi Auto Show ke-11 di Pragati Maidan Exhibition Complex, New Delhi India (6/1) ini memang membuat rasa penasaran banyak orang. Pasalnya Suzuki menyuguhkan sebuah konsep compact MPV baru yang stylish dan luxurious, beda dari varian Suzuki lainnya.

Dibanding Ertiga di India dengan versi produksi Indonesia, sebenarnya tidak ada perbedaan signifikan. Di India tersedia dua varian mesin, bensin dan diesel. Sementara di Tanah Air hanya bensin dengan transmisi manual. Dari desain eksterior, interior, spek mesin (bensin) hingga kelengkapan fiturnya pun tak ada bedanya.

Sebagai MPV yang kompak, Ertiga mempunyai dimensi yang tidak terlalu kecil juga tidak terlalu besar. Buat orang Indonesia kebanyakan, ukurannya terbilang pas. Kesan pertama melihat mobil ini dari luar adalah lebih menyerupai Nissan Grand Livina.

Terbukti setelah memperhatikan dimensi Ertiga yang berukuran 4.265 x 1.695 x 1.685 mm (PxLxt) dengan wheelbase 2.740 mm. Sedangkan Grand Livina 4.420 x 1.690 x 1.595 mm, wheelbase 2.600 mm.

Model belakang tidak mudah termakan zaman, Desain dasbor memberi aroma kemewahan kabin


 Dapat terlihat kalau Ertiga lebih pendek 15,5 cm tapi lebih tinggi 9 cm dari Grand Livina. Kalau lebar keduanya bisa dibilang sama, karena hanya terpaut 0,5 cm. Namun wheelbase MPV Suzuki lebih panjang 14 cm menyesuaikan bodi yang lebih panjang.

Bagaimana dengan All New Daihatsu Xenia (ANEX) atau All New Toyota Avanza (ANA)? Bicara desain, Ertiga memang agak berbeda dengan kedua ‘saudara kembar’ itu. Ukuran ANEX dan ANA lebih kecil dibanding Ertiga.

Dapat diperhatikan dari dimensi bodi total ANEX dan ANA yang sebesar 4.140 x 1.660 x 1.696 mm dengan jarak sumbu roda 2.655 mm. Yang artinya panjang dan lebar bodi totalnya lebih pendek dari Ertiga.

Simpel namun tetap terlihat jelas. Ada MID-nya lo!, Koneksi USB nempel di konsul tengah dasbor

Masuk ke kabin dan memperhatikan item-item di dalamnya juga tak ada bedanya dengan Ertiga versi India. Mulai desain dan material/bahan seperti dasbor, door trim, plafon, bangku dan lainnya sami mawon.

Pada Ertiga tipe GL (tipe tengah, red) yang dijajal kali ini, paduan two tone (beige dan abu-abu) dasbornya menambah kesan luks dasbor yang sudah kelihatan mewah. Susunan panel instrumen dan lekukannya pun tidak neko-neko, tampak eksklusif.

Duduk di bangku belakang kemudi pun terasa nyaman untuk postur tubuh 169 cm/72 kg, ditambah lagi adanya tilt steering sehingga memudahkan dan menambah kenyamanan posisi pengemudi.

Oiya, karena mobil yang dipinjamkan ini masih unit trial, cover setirnya pun masih memakai tutup warna hitam. Seharusnya sudah berwarna beige senada dasbor bawah, trim dan jok.

Kelengkapan di kabin depan pun termasuk lengkap. Mulai head unit 2 DIN integrated, 6 speaker, koneksi USB, cup/bottle holder di bawah lubang AC di penumpang depan kiri serta tombol pengatur kaca spion luar yang ada di door trim pintu sopir. Hanya saja di tipe GL ini belum dilengkapi audio switch control di lingkar kemudi (tersedia pada tipe tertinggi GX).

Pindah ke bangku baris kedua. Secara umum mirip dengan kenyamanan duduk di MPV pesaingnya. Hanya saja terdapat pengaturan maju-mundur jok (sliding seat) seperti pada ANA dan ANEX sepanjang 15 klik (tingkatan) sehingga menambah nyaman penumpang baris tengah.

ok bisa sliding dan sudah dilengkapi 3 safety belt, Adanya sliding pada jok tengah menambah kenyaman penumpang belakang
 Karena bangku baris kedua bisa dimaju-mundurkan, otomatis kelegaan ruang penumpang belakangnya pun bertambah. Coba menjajal duduk di bangku paling belakang masih terasa cukup nyaman. Dengan catatan, jok depannya harus dimajukan dari posisi sliding paling belakang.

Ilustrasinya gini, duduk di bangku paling belakang dengan posisi bangku depannya dimajukan 4-5 klik, baru dengkul tidak menyentuh bagian belakang jok depannya dan kaki pun bisa sedikit melonjor ke depan.

Lantas, mirip fitur One Touch Tumble pada ANEX dan ANA, di Ertiga juga tersedia satu tuas yang berguna bagi penumpang yang akan duduk di bangku ketiga. Dengan menarik tuas ke atas, jok dapat melipat sekaligus maju dalam satu waktu.

Intinya, jika Anda masuk dan duduk di salah satu bangku di kabin Ertiga, kesan yang mucul adalah sama dengan menumpangi ketiga pesaingnya tadi.

Hanya saja aroma mewah lebih mencuat berkat desain dasbor, bahan jok dan trim serta paduan warna interior. Perkara kenyamanan sih setali tiga uang.

SPESIFIKASI 

Harga dan Spesifikasi Suzuki Ertiga diberikan ini bertitik tolak pada versi mobil berpenumpang 7 (tujuh) yang akan diluncurkan di Indonesia, antara lain :
DIMENSI / DIMENSION ERTIGA

GA GL GX
Panjang Keseluruhan/Overall length mm 4,265
Lebar Keseluruhan / Overall width mm 1,695
Tinggi Keseluruhan / Overall height mm 1,685
Jarak Poros Roda / Wheelbase mm 2,740
Jarak Pijak Depan / Front tread mm 1,480
Jarak Pijak Belakang / Rear tread mm 1,490
Jarak terendah / Ground clearance mm 185
Radius putar minimum / minimum turning radius m 5.2
MESIN / ENGINE
Jenis / Type
K14B
Silinder / Cylinder
4 in-line
Jumlah katup / Number of valves
16
Isi silinder / Piston displacement cc 1,373
Diameter x langkah / Bore x Stroke mm 73.0 x 82.0
Perbandingan kompresi / Compression ratio
10
Daya maksimum / Maximum output PS/rpm 95/6,000
Momen puntir maximum / Maximum torque Nm/rpm 130/4,000
Distribusi bahan bakar / Fuel distribution
Multi point injection
TRANSMISI / TRANSMISSION 5MT
Perbandingan Gigi / Gear ratio 1 3.909
2 2.043
3 1.407
4 1.064
5 0.815
Mundur/reverse 3.250
Perbandingan gigi akhir / Final gear ratio
4.687
RANGKA / CHASIS
Sistem kemudi / Steering
Rack& Pinion
Suspensi / Suspension Depan/front MacPhersostnr ut with coil spring
Belakang/rear Torsionb eamw ithc oils pring
Rem / Brakes ABS - ABS (EBD&BA)
Depab/front Ventilated disc
Belakang/rear Leading / Trailing Drum
Ukuran ban / Tyres
185/65 R15
BERAT / WEIGHT
Berat kendaraan kosong / Curb weight Kg 1160 1175 1180
Berat kendaraan kotor / Gross vehicle weight Kg 1760
KAPASITAS / CAPACITY


Tempat duduk / Seating capacity Orang / person 7
Tangki bahan bakar / Fuel tank capacity Liter / litres 45

Untuk versi Suzuki Ertiga Indonesia, varian yang akan hadir adalah GA, GL, GX sedangkan untuk warna exterior adalah Dusky Brown, Serene Blue, Radiant Red, Pearl White, Silky Silver, Graphite Grey, Burgundy, dan Black.

1 komentar: